Pembelajaran Berbasis IT
PEMBELAJARAN BERBASIS IT
A.
Pengertian Pembelajaran
Berbasis IT
Pembelajaran berbasis teknologi infromasi dan komunikasi
adalah pola pembelajaran yang memanfaatkan teknologi sebagai pusat
pembelajaran. Teknologi digunakan sebesar-besarnya dalam rangka pencapaian
tujuan pendidikan. Upaya Pembelajaran berbasis teknologi infromasi dan
komunikasi dari tahun ketahun telah mengalami perubahan yang cukup massif.
Sejak 60 tahun terakhir telah mengalami lompatan sejarah yang cukup jauh.
Sehingga Giddens mengatakan bahwa dunia sedang lari tunggang langgang.
Revolusi teknologi masa kini, khususnya komputer dan internet
telah mengubah cara pandang dan berpikir secara praktis dan efisien pada
masyarakat kita khususnya dan dunia pada umumnya. Kita semua dihadapkan pada
ambang gerbang transisi yang berbasis teknologi, dimana kecepatan penyampaian
dan menangkap suatu informasi menjadi sangat penting dalam rangka memajukan
pendidikan. Pada era masyarakat yang dinamis atau menjelang era masyarakat
dinamis yang kita harapkan dapat terwujud di tahun–tahun mendatang, perlu
kiranya kita melakukan langkah persiapan secara optimal. Mengapa persiapan
tersebut tidak dimulai dari sekarang juga? Ilmu pengetahuan saja tidak lagi
cukup, sebab kita sudah berada di sekitar teknologi mobile, serba nir–kabel, semua
menuntut multimedialitas. Siap atau tidak pembelajaran berbasis Teknologi
Informasi dan Komunikasi/Technology Information & Comunication (TIK/ICT)
harus dimulai sejak sekarang.
Selama beberapa dekade terakhir, pemerintah
di kawasan Asia Pasifik telah mempromosikan
penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
(ICT) dalam pendidikan. Sifat ICT ini
melampaui pengambilan penggunaan sistem informasi dan
komunikasi untuk meningkatkan administrasi pendidikan, skala
besar adopsi teknologi digital yang berdampak pada struktur kurikuler dan
pedagogis, namun ada tantangan secara ekonomi, sosial, dan
politik untuk pengembangan ICT ini. Disatu sisi, harus ada
bagi pemerintah memberikan pendidikan kepada seluruh anggota
masyarakat bahkan dalam menghadapi sumber daya keuangan,
fisik, dan manusia sebagai langkah prasyarat bagi pembangunan
ekonomi dan sosial. Pada saat yang sama,
globalisasi dan pergeseran ekonomi berbasis pengetahuan
mengharuskan lembaga pendidikan berkembang pada
indikator perorangan yaitu kemampuan untuk mengubah informasi menjadi
pengetahuan dan menerapkan pengetahuan itu secara dinamis dalam konteks
lintas-budaya.
Pemanafaatan internet untuk pendidikan ini tidak hanya untuk
pendidikan jarak jauh, akan tetapi juga dikembangkan dalam sistem pendidikan
konvensional. Kini sudah banyak lembaga pendidikan terutama perguruan
tinggi yang sudah mulai merintis dan mengembangkan model pembelajaran berbasis
internet dalam mendukung sistem pendidikan konvensional. Namun suatu inovasi
selalu saja menimbulkan pro dan kontra. Yang pro dengan berbagai dalih
meyakinkan akan manfaat kecanggihan teknologi ini seperti;, memudahkan
komunikasi, sumber informasi dunia, memudahkan kerjasama, hiburan, berbelanja,
dan kemudahan aktivitas lainnya. Sebaliknya yang kontra menunjukan sisi
negatifnya, antara lain: biaya relatif besar dan mudahnya pengaruh budaya
asing. Internet sebagai media baru ini juga belum begitu familier dengan
masyarakat, termasuk personil lembaga pendidikan. Oleh karena itu sangat perlu
terus dilakukan kajian, penelitian, dan pengembangan model e-learning. Tulisan
ini akan mencoba menjelaskan e-learning dan kemungkinan pengembangan modelnya
dalam meningkatkan mutu pendidikan.
Komputer memungkinkan para siswa untuk belajr sesuai dengan
keceptan belajar mereka masing-masing. Komputer dapat diprogram menjadi lebih
fleksibel dan pandai karena dukungan informasi yang lengkap. Bahasa komputer
yang mempermudah programer untuk mengembanhkan aplikasi bidang pendidikan juga
sudah mulai banyak bermunculan, seperti misalnya LOGO dan Smaltalk-80. Komputer
sudah dianggap sebagai alat yang sangat membantu pendidikan (Rosenberg dalam
Sinopsis Dosertasi Hadi Sutopo, Hal. 4)
Pembelajaran berbasis IT merupakan
pembelajaran yang memadukan antara suatu proses pembelajaran dengan penggunaan
media pembelajaran. Media terdebut bersifat teknologi, baik itu berupa iternet,
penggunaan video, LCD (infokus) dan lain-lain. Suatu proses pembelajaran
berbasis IT sangat memungkinkan siswa untuk bisa bereksplorasi, berkreatifitas
, menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman, dan tentunya menambah wawasan
dan ilmu pengetahuan.
Pentingnya suatu media dalam
pembelajaran menegaskan pula bahwa peran pembelajaran berbasis IT pun sangat
penting. Saat ini di setiap sekolah –
sekolah hampir secara keseluruhan telah mengenalkan pembelajaran berbasis IT di
sekolah-sekolahnya.
Ø Sistem
pembelajaran lebih inovatif dan interaktif;
Ø Mampu
menimbulkan rasa senang selama pembelajaran berlangsung, sehingga akan menambah
motivasi belajar siswa;
Ø Mampu
menggabungkan antara teks, gambar, audio, musik, animasi gambar atau video
dalam satu kesatuan yang saling mengukung sehingga tercapai tujuan
pembelajaran;
Ø Mampu
memvisualisasikan materi yang abstrak;
Ø Media
penyimpanan yang relatif gampang dan fleksibel;
Ø Membawa
obyek yang sukat didapat atau berbahaya ke dalam lingkungan belajar;
Ø Menampilkan
objek yang terlalu besar ke dalam kelas; dan
Ø Menampilkan
objek yang tidak dapat dilihat secara langsung.
B.
Pengaruh pembelajaran berbasis IT
terhadap Prestasi siswa
Pembelajaran berbasis IT yang saat
ini banyak di gunakan di sekolah-sekolah terutama di kota memiliki pengaruh
yang sangat besar sekali terhadap prestasi siswa. Proses belajar mengajar yang
menggunakan media pembelajaran akan dapat mempermudah proses belajar mengajar,
selain itu hal tersebut membuat proses belajar mengajar menjadi lebih evektif
dan efisien. Penggunaan media terutama media yang berbasis IT selain dapat
membantu siswa dalam pembelajaran juga menambah ilmu pengetahuan kepada
siswanya tentang bagaimana menggunakan teknologi dalam pembelajaran. Hal
tersebut membuat siswa dapat mengikuti perkembangan zaman
Dikutip dari :
Dikutip dari :
· https://iksanarr.wordpress.com/2012/01/23/pembelajaran-berbasis-teknologi-informasi-dan-komunikasi/
Komentar
Posting Komentar