Pembelajaran Berbasis IT

PEMBELAJARAN BERBASIS IT

A.    Pengertian Pembelajaran Berbasis IT
Pembelajaran berbasis teknologi infromasi dan komunikasi adalah pola pembelajaran yang memanfaatkan teknologi sebagai pusat pembelajaran. Teknologi digunakan sebesar-besarnya dalam rangka pencapaian tujuan pendidikan. Upaya Pembelajaran berbasis teknologi infromasi dan komunikasi dari tahun ketahun telah mengalami perubahan yang cukup massif. Sejak 60 tahun terakhir telah mengalami lompatan sejarah yang cukup jauh. Sehingga Giddens mengatakan bahwa dunia sedang lari tunggang langgang.
Revolusi teknologi masa kini, khususnya komputer dan internet telah mengubah cara pandang dan berpikir secara praktis dan efisien pada masyarakat kita khususnya dan dunia pada umumnya. Kita semua dihadapkan pada ambang gerbang transisi yang berbasis teknologi, dimana kecepatan penyampaian dan menangkap suatu informasi menjadi sangat penting dalam rangka memajukan pendidikan. Pada era masyarakat yang dinamis atau menjelang era masyarakat dinamis yang kita harapkan dapat terwujud di tahun–tahun mendatang, perlu kiranya kita melakukan langkah persiapan secara optimal. Mengapa persiapan tersebut tidak dimulai dari sekarang juga? Ilmu pengetahuan saja tidak lagi cukup, sebab kita sudah berada di sekitar teknologi mobile, serba nir–kabel, semua menuntut multimedialitas. Siap atau tidak pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi/Technology Information & Comunication (TIK/ICT) harus dimulai sejak sekarang.
Selama  beberapa dekade  terakhir, pemerintah  di  kawasan  Asia  Pasifik  telah  mempromosikan penggunaan  teknologi  informasi  dan  komunikasi  (ICT)  dalam  pendidikan.  Sifat  ICT  ini  melampaui pengambilan  penggunaan  sistem  informasi  dan  komunikasi  untuk  meningkatkan  administrasi pendidikan, skala besar adopsi teknologi digital yang berdampak pada struktur kurikuler dan pedagogis, namun  ada tantangan secara ekonomi,  sosial, dan  politik untuk  pengembangan  ICT ini. Disatu  sisi, harus ada bagi pemerintah memberikan  pendidikan  kepada seluruh  anggota masyarakat bahkan dalam  menghadapi sumber  daya  keuangan, fisik, dan  manusia sebagai langkah prasyarat  bagi pembangunan  ekonomi  dan sosial. Pada  saat  yang  sama, globalisasi  dan pergeseran ekonomi  berbasis pengetahuan  mengharuskan  lembaga  pendidikan  berkembang  pada  indikator  perorangan yaitu kemampuan untuk mengubah informasi menjadi pengetahuan dan menerapkan pengetahuan itu secara dinamis dalam konteks lintas-budaya.
Pemanafaatan internet untuk pendidikan ini tidak hanya untuk pendidikan jarak jauh, akan tetapi juga dikembangkan dalam sistem pendidikan konvensional. Kini sudah banyak lembaga pendidikan terutama perguruan  tinggi yang sudah mulai merintis dan mengembangkan model pembelajaran berbasis internet dalam mendukung sistem pendidikan konvensional. Namun suatu inovasi selalu saja menimbulkan pro dan kontra. Yang pro dengan berbagai dalih meyakinkan akan manfaat kecanggihan teknologi ini seperti;, memudahkan komunikasi, sumber informasi dunia, memudahkan kerjasama, hiburan, berbelanja, dan kemudahan aktivitas lainnya. Sebaliknya yang kontra menunjukan sisi negatifnya, antara lain: biaya relatif besar dan mudahnya pengaruh budaya asing. Internet sebagai media baru ini juga belum begitu familier dengan masyarakat, termasuk personil lembaga pendidikan. Oleh karena itu sangat perlu terus dilakukan kajian, penelitian, dan pengembangan model e-learning. Tulisan ini akan mencoba menjelaskan e-learning dan kemungkinan pengembangan modelnya dalam meningkatkan mutu pendidikan.
Komputer memungkinkan para siswa untuk belajr sesuai dengan keceptan belajar mereka masing-masing. Komputer dapat diprogram menjadi lebih fleksibel dan pandai karena dukungan informasi yang lengkap. Bahasa komputer yang mempermudah programer untuk mengembanhkan aplikasi bidang pendidikan juga sudah mulai banyak bermunculan, seperti misalnya LOGO dan Smaltalk-80. Komputer sudah dianggap sebagai alat yang sangat membantu pendidikan (Rosenberg dalam Sinopsis Dosertasi Hadi Sutopo, Hal. 4)
Pembelajaran berbasis IT merupakan pembelajaran yang memadukan antara suatu proses pembelajaran dengan penggunaan media pembelajaran. Media terdebut bersifat teknologi, baik itu berupa iternet, penggunaan video, LCD (infokus) dan lain-lain. Suatu proses pembelajaran berbasis IT sangat memungkinkan siswa untuk bisa bereksplorasi, berkreatifitas , menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman, dan tentunya menambah wawasan dan ilmu pengetahuan.
Pentingnya suatu media dalam pembelajaran menegaskan pula bahwa peran pembelajaran berbasis IT pun sangat penting. Saat ini di setiap  sekolah – sekolah hampir secara keseluruhan telah mengenalkan pembelajaran berbasis IT di sekolah-sekolahnya.
Ø  Sistem pembelajaran lebih inovatif dan interaktif;
Ø Mampu menimbulkan rasa senang selama pembelajaran berlangsung, sehingga akan menambah motivasi belajar siswa;
Ø Mampu menggabungkan antara teks, gambar, audio, musik, animasi gambar atau video dalam satu kesatuan yang saling mengukung sehingga tercapai tujuan pembelajaran;
Ø Mampu memvisualisasikan materi yang abstrak;
Ø Media penyimpanan yang relatif gampang dan fleksibel;
Ø Membawa obyek yang sukat didapat atau berbahaya ke dalam lingkungan belajar;
Ø  Menampilkan objek yang terlalu besar ke dalam kelas; dan
Ø  Menampilkan objek yang tidak dapat dilihat secara langsung.

B.      Pengaruh pembelajaran berbasis IT terhadap Prestasi siswa
Pembelajaran berbasis IT yang saat ini banyak di gunakan di sekolah-sekolah terutama di kota memiliki pengaruh yang sangat besar sekali terhadap prestasi siswa. Proses belajar mengajar yang menggunakan media pembelajaran akan dapat mempermudah proses belajar mengajar, selain itu hal tersebut membuat proses belajar mengajar menjadi lebih evektif dan efisien. Penggunaan media terutama media yang berbasis IT selain dapat membantu siswa dalam pembelajaran juga menambah ilmu pengetahuan kepada siswanya tentang bagaimana menggunakan teknologi dalam pembelajaran. Hal tersebut membuat siswa dapat mengikuti perkembangan zaman

Dikutip dari :


 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH SASTRA INGGRIS PERIODE RESTORASI